tanda tanyaTanya Jawab .................................... Anda Bertanya Kami Menjawab, melalui rubrik ini pengunjung bisa menyampaikan saran / kritik / pertanyaan yang berkaitan dengan Kepegawaian.

Sampaikan Saran / Kritik / Pertanyaan Anda . . .

Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah.

selengkapnya . . . UU Nomor 5 Tahun 2014

koperasiKoperasi Gawi Sabarataan berdiri bulan Oktober 2009 yang beranggotakan seluruh pegawai Badan Kepegawaian Daerah dan Pendidikan, Pelatihan Kota Banjarbaru yang bertujuan....

selengkapnya . . .

Pj Walikota Harapkan Anggota Korpri Ciptakan Program Inovatif Dan Inspiratif

Banjarbaru Senin (30 November 2015) Pj Walikota Banjarbaru H Martinus menjadi Inspektur pada Upacara HUT ke 44 KORPRI tahun 2015 yang bertempat di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru yang diikuti oleh seluruh Karyawan/karyawati lingkup Kota Banjarbaru. Tampak Ketua DPRD Banjarbaru H AR Iwansyah serta FKPD Kota Banjarbaru

 

Banjarbaru Senin (30 November 2015) Pj Walikota Banjarbaru H Martinus menjadi Inspektur pada Upacara HUT ke 44 KORPRI tahun 2015 yang bertempat di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru yang diikuti oleh seluruh Karyawan/karyawati lingkup Kota Banjarbaru. Tampak Ketua DPRD Banjarbaru H AR Iwansyah serta FKPD Kota Banjarbaru.

Pj Walikota Banjarbaru H Martinus mengatakan upacara pada hari ini memiliki makna khusus, karena memperingati hari jadi ke 44 Korps Pegawai Negeri yang jatuh pada tanggal 29 November kemarin. Semangat kerja dan kedisiplinan yang akan membawa pemerintahan ini mencapai visi dan misinya dengan sukses, karena semangat dan kedisiplinan merupakan embrio dari profesionalitas dan etos kerja yang tinggi yang akan tumbuh dan mengakar dalam diri kita, sehingga kita menjadi individu yang bertanggung jawab, berdedikasi dan berdaya saing. Dinamika sosial masyarakat berkembang begitu cepat saat ini. Seiring perkembangan teknologi komunikasi yang canggih dan modern diakui telah mengubah perilaku dan sikap masyarakat terutama dalam hal akses informasi.

Kecepatan arus informasi hampir berbarengan dengan kejadian atau peristiwa itu sendiri. Dinamika sosial masyarakat yang berkembang begitu cepat harus dapat ditangkap bagi para pelaku birokrasi, para anggota KORPRI, sebagai respon melalui tata layanan publik juga harus berubah. Para KORPRI tidak boleh teguh pada pola kemapanan dan berpikir konvensional. Wajah dan perilaku abdi negara harus berubah beradaptasi dengan perubahan dan tuntutan layanan masyarakat. Anggota KORPRI tidak boleh pasif dan menunggu. Program yang inovatif dan inspiratif berorientasi publik perlu didorong sebagai gerakan perubahan perilaku birokrasi yang mengusung kewirausahaan birokrasi dalam tata pelayanan publik.

Birokrasi akan kuat jika struktur dan elemen pelaksana birokrasi itu di bangun di atas keahlian atau kompetensinya. Jangan sampai terjadi, pada anggota KORPRI, apalagi jadi seorang pejabat daerah tidak mengerti dan tidak memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai PNS. Pengetahuan dan kapasitas aparatur harus terus ditambah. Keahlian dan kemampuan diri harus terus ditingkatkan tidak memandang golongan, usia, jenis kelamin, tingkatan pangkat apalagi jenjang jabatan. Seorang PNS tidak boleh malas bekerja. Seorang abdi negara tidak boleh berhenti belajar. Hal tersebut sesuai dengan tema hari jadi KORPRI tahun ini yakni “Dengan Memperkokoh Netralitas dan Profesionalitas, KORPRI Siap Mensukseskan Program Nawacita Malalui Gerakan Ayo Kerja Menuju Terwujudnya Kualitas Pelayanan Publik dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Para aparatur daerah harus mampu mengubah sikap dan perilakunya serta menginternalisasikan nilai-nilai kebaikan sebagai bagian membangun pribadi birokrasi yang unggul. Ada tujuh tata nilai positif yang perlu dibangun dalam diri setiap aparatur daerah. Memahami tugas dan fungsi, etos kerja yang tinggi, kemampuan untuk berubah, bekerja dengan memberi nilai tambah, penampilan yang menarik, sikap peduli dalam pelayanan dan kecerdasan untuk mau menerima koreksi dan kekurangan diri menjadi perilaku dan sikap yang harus di bangun dalam diri setiap anggota KORPRI Kota Banjarbaru.

Martinus percaya kesungguhan menerapkan 7 nilai sikap birokrasi yang dibangun di atas budaya kerja yang tinggi akan mampu mendorong perubahan yang lebih baik pada wajah birokrasi Kota Banjarbaru. Martinus yakin seiring meningkatnya daya kompetensi, perilaku birokrasi, kecerdasan emosional dan spiritual para aparatur daerah akan mendorong meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah. Tugas tidak lagi menjadi beban karena kita mampu dan bisa menyelesaikan tugas itu dengan baik.

Martinus kembali mengingatkan, bahwa tanggal 9 Desember nanti daerah kita akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah, sebagai bagian dari PILKADA serentak 2015 di seluruh tanah air. Martinus berpesan agar tetap mempertahankan netralitas sebagai ASN, karena hal itu sangat terkait dengan citra positif Pegawai Negeri Sipil di mata masyarakat. Dan bantu pihak pelaksana pemilihan kepala daerah kita, dengan selalu mengedepankan kebersamaan, persatuan, keamanan dan ketertiban di lingkungan kita masing-masing. Kewaspadaan juga harus kita tingkatkan di lingkungan kita, karena semakin dekat waktu pemilihan, dikhawatirkan muncul isu-isu dan oknum-oknum yang merencanakan perpecahan di masyarakat. Berbeda pilihan itu sangatlah wajar di setiap pemilihan kepala daerah. Namun kebersmaan dan tali silaturahmi kita harus tetap terjaga. Dan juga jangan mudah terprovokasi dan dipecah belah. Pilihlah figur pemimpin yang berperilaku dan bermoral baik demi perubahan yang lebih baik bagi daerah kita ini lima tahun ke depan.

Pada kesempatan itu Pj Walikota Banjarbaru H Martinus juga menyerahkan piala dan piagam kepada para pemenang lomba dalam rangka memperingati HUT KORPRI ke 44 Kota Banjarbaru. Sementara itu Dewan Pengurus KORPRI Kota Banjarbaru juga ziarah dan tabur bunga ke makam Pahlawan Hasan Basry di Liang Anggan serta memberikan tali asih ke panti sosialTresna Werdha Budi Sejahtera Liang Anggang. (Upik Hms Pemko Bjb)

Sumber : http://www.humas.banjarbarukota.go.id/index.php/2015/11/30/pj-walikota-harapkan-anggota-korpri-ciptakan-program-inovatif-dan-inspiratif/#more-1187

BKD & DIKLAT KOTA BANJARBARU
Badan Kepegawaian Daerah dan Pendidikan, Pelatihan Kota Banjarbaru
Jl. Panglima Batur No. 1 Banjarbaru Kalimantan Selatan
( Komplek Perkantoran Walikota Banjarbaru )
Telp / Fax. 0511 - 4772495
E-Mail : bkd-bjb@bkd.banjarbarukota.go.id
Saran / Kritik / Pertanyaan : layanan@bkd.banjarbarukota.go.id 
  mapss    
> Sub Bagian Umum & Kepegawaian
> Sub Bagian Perencanaan & Keuangan
 
> Sub Bidang Kedudukan Hukum & Pensiun
> Sub Bidang Dokumentasi & Informasi Pegawai
 
> Sub Bidang Pendidikan & Latihan Kader
> Sub Bidang Pendidikan & Latihan Teknis Fungsional
> Sub Bidang Formasi dan Pengadaan Pegawai
> Sub Bidang Mutasi Pegawai
 
> Sub Bidang Jabatan Struktural
> Sub Bidang Jabatan Fungsional